Senin, 19 Oktober 2009

Smooth As Silk 4

Blue Mystique, itu yang terkesan pada saat lembar Kain Batik Sutera Tulis Madura ini dibentangkan. Desainnya sangat unik karena menampilkan perpaduan dua pengaruh dominan di Batik Madura khususnya batik Tulis Pamekasan , yaitu klasik dan kontemporer, keduanya dalam satu bidang.
Layout desain keseluruhan pastilah kontemporer, dengan kotak-kotak bidang yang diisi dengan pattern modern, bahkan bisa terkesan 'primitive pattern' karena dapat mengingatkan kepada pola berulang dari kalimantan (saat ini banyak batik madura yang menggunakan / incorporated desain dayak di pola isen-isennya).
Warna yang dipilih juga menunjang kesan ini. Berbagai nuansa biru dan sentuhan hijau dan keseluruhan nuansa gelap ditambah dengan penggunaan 'high gloss' silk satin yang amat berkilau.
Nah,pola tradisional diwakili oleh sepasang burung kahyangan (bird of paradise) yang bisa diinterpretasikan sebagai cenderawasih atau phoenix di sisi kanan dan kiri, menjadikan batik sutera tulis madura ini menarik untuk mereka yang masih menyukai sesuatu yang bernuansa tradisional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar